Apa itu ayam probiotik?

Ayam probiotik adalah ayam yang diternak secara alami, dan selama masa peternakannya, ayam tersebut tidak terpapar bahan kimia apapun. Nah, ayam ini, sejak menetas dari dalam telur, diternak dan dibersarkan juga perawatannya dengan bahan-bahan organik. Mulai dari pakan hingga dedak yang diberikannya pun menggunakan beras organik.

Selain itu, ayam hasil dari ternak organik ini bebas dari pestisida dalam kandungan daging maupun pada bulu dari ayam probiotik. Pada ayam jenis probiotik ini, kandungan bakteri E.coli nya sedikit dan tidak mengandung salmonella thyposa, yaitu bakteri yang terdapat pada pencernaan ayam. Ayam probiotik juga tidak tercemar logam, yang mana berbahaya jika diolah dan terserap pada tubuh manusia.

Lebih sehat mana ayam probiotik dengan ayam biasa?
Selain bebas dari paparan pestisida dan bahaya kimiawin lainnya, ayam probiotiknya nyatanya memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibanding ayam biasa. Kandungan lemak ayam jenis probiotik ini sebesar 9,15%, lebih rendah dari kandungan lemak ayam biasa, di mana ayam biasa mengandung lemak antara 21%-25% lebih banyak. Bila lemak pada ayam sedikit, otomatis takaran kolesterol juga lebih rendah.

Kalau ayam yang biasa mengandung kolesterol sekitar 100- 120 miligram per 100 gram, kandungan kolesterol ayam probiotik hanya setengahnya, yaitu sekitar 59,7 miligram per 100 gram. Mengenai rasa dan ukuran ayam, jangan khawatir. Menurut beberapa survei yang dilakukan oleh Perdue Farms, salah satu peternakan besar di Amerika Serikat, rasa ayam probiotik lebih enak dari ayam biasa, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Manfaat makan makanan probiotik

Tubuh akan menerima dampak buruk tertentu jika tidak menerima asupan probiotik di dalamnya. Efek samping yang bisa timbul antara lain, gangguan pencernaan, masalah kulit, penyakit candida, dan bahkan mudah terserang flu dan pilek.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X